Internet Dengan Handphone

Menyambung tulisan sebelumnya, saya ingin memberikan satu tips lagi untuk berinternet menggunakan Phoncell. Perkembangan teknologi memperluas fungsi HP, tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa tetapi juga bisa digunakan untuk mengakses internet. Terdapat dua cara yang dapat anda lakukan untuk berinternet dengan HP:

1. Menggunakan layanan WAP

Mungkin anda sering mendengar istilah WAP. Ketika membeli HP, WAP merupakan salah satu fitur yang ada. WAP (Wireless Application Protocol) adalah protokol yang digunakan pada handphone agar dapat terhubung dengan internet. Sehingga jika anda ingin mengakses internet, maka handphone anda harus mendukung layanan WAP. Namun layanan WAP tersebut tidak akan berarti tanpa dukungan dari operator seluler. Operator seluler merupakan pihak yang menyediakan Bearer agar data dapat dikirim dan diterima. Bearer adalah jaringan yang digunakan untuk mentransmisikan data. Operator seluler di Indonesia menggunakan CSD (Circuit Switch Data), GPRS (General Packer Radio Services) dan CDMA (Code Division Multiple Access) sebagai bearer layanan WAP. Penjelasan setiap bearer akan saya jelaskan nanti.

Langkah awal yang harus anda persiapkan untuk memulai internet menggunakan layanan WAP adalah:

Pastikan bahwa handphone dan operator seluler yang anda gunakan mendukung layanan WAP

2. Menggunakan Modem Handphone

Cara kedua merupakan cara yang paling nyaman handphone dipakai sebagai modem internet dan kita menggunakan laptop atau PC untuk mengakses Internet.

Modem adalah perangkat perantara untuk menghubungkan komputer dengan internet. Namun tidak semua handphone dapat dijadikan modem, hanya handphone yang memiliki bearer (jaringan transmisi data) GPRS atau CDMA yang dapat digunakan. Selain itu, juga diperlukan perangkat perantara untuk menghubungkan komputer dengan handphone. Perangkat ini dapat berupa Kabel Data, Bluetooth ata IrDa (InfraRed).

Oleh karena itu yang harus dipersiapkan untuk memulai ber- internet menggunakan modem handphone adalah:

  1. Pastikan handphone dan operator seluler yang anda gunakan mendukung bearer yang ada.
  2. Tentukan perangkat perantara yang akan digunakan : kabel data, bluetooth atau IrDa (InfraRed).

TARIF

Akses internet denga HP selalu indentik dengan tarif mahal. Sehingga kebanyakan orang lebih memilih ke warnet daripada harus kehilangan pulsa. Seperti penjelasan sebelumnya, sebenarnya banyak keuntungan yang bisa anda peroleh. Nah, yang perlu anda ketahui adalah besarnya tarif yang dibebankan oleh setiap operator, sehingga anda dapat menghitung kemampuan pulsa anda.

Terdapat 2 sistem penghitung tarif akses internet, yaitu:

1. Time Base

Perhitungan tarif berdasarkan pada jumlah waktu yang anda gunakan untuk mengakses internet. Biasanya diberlakukan per menit, lamanya waktu akses.

2. Volume Base

Perhitungan tarif berdasarkan pada besarnya file yang anda download atau yang diakses melalui intenet. Biaya dihitung per Kbyte, seberapa besar file/data yang diakses.

Baik Time Base maupun Volume Base, penggunaan sistem perhitungan tarif sangat bergantung pada masing-masing operator. Operator GSM menggunakan sistem time base jika bearer yang digunakan CSD dan sistem volume base untuk bearer GPRS. Berbeda dengan operator CDMA, ada yang hanya menggunakan satu sistem perhitungan saja ataupun keduanya.

Mana yang lebih baik? Tentu saja sistem perhitungan volume base lebih baik, karena anda dapat memperkirakan dan menghitung beban biaya sendiri. Saat ini banyak operator yang menawarkan paket internet bulan dengan cara berlangganan. Anda dapat menghubungi service center terdekat untuk memgetahui paket-paket yang ditawarkan. Bagaimanapun, semua tergantung kepada anda bagaiman memilih SIM Card dengan tepat yang memiliki tarif murah.

Tabel dibawah ini bisa manjadikan perbandingan untuk anda dalam memilih operator selular mana yang anda anggap murah dalam berinternent nantinya.

Operator

CSD

GPRS

CDMA

Time Base

Volume Base

Simpati / Kartu AS 1.000,-/mnt Rp 30,-/KB
Kartu Halo 1.000,-/mnt Rp 25,-/KB
XL Rp 10,-/KB
Mentari Rp 5,-/KB
Matrix Rp 15,-/KB
IM3 400,-/mnt Rp 10,-/KB
Flexi Rp 3,-/KB
Esia Rp 5,-/KB
Fren 160,-/mnt Rp 2,-/KB
StarOne Rp 3,-/KB

Untuk cara pengaktivan dan setting GPRS pada phone cell, anda bisa lihat pada General Setting GPRS dan MMS pada tulisan sebelumnya. Selamat berinternet (^_^).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: