6 Pertanyaan IMAM GOZALI

Suatu Hari Imam Gozali berkumpul dgn para murid2nya, dalam perkumpulan itu Imam Gozali Mengajukan Enam pertanyaan:

  1. Pertanyaan pertama “Wahai Murid-murid ku, apa yang paling dekat dgn diri kita di dunia ini?”, para murid menjawab dengan beraneka ragam, ada yang menjawab “Orang tua”, “Guru”, “Teman”, “Kerabat”. Lalu Imam Gozali Menjawab ” Semua yang kalian katakan itu adalah benar tetapi yang paling dekat dengan kita adalah MATI, sebab mati adalah janji Allah SWT. bahwa Setiap yang bernyawa pasti mati.”

  2. Imam Gozali meneruskan pertanyaan yang ke-2 “apa yang paling jauh dari hidup kita?”, murid-murid menjawab ” negara cina”, “bulan”, “matahari dan bintang”, Lalu beliau menjelaskan bahwa “Jawaban yang kalian berikan benar, tapi yang paling jauh dari hidup kita adalah MASA LALU. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan yang akan datang dgn perbuatan yang sesuai ajaran Tuhan karena Apapun kendaraan Kita tidak akan mampu mengembalikan kita ke masalalu.”

  3. Imam Gozali meneruskan pertanyaan yang ke-3 “Apa yang paling besar di dunia ini?” murid-muridnya ada yang menjawab “Gunung, Bumi, dan Matahari”, “Semua jawaban benar” kata Imam Gozali “Tapi yang paling benar adalah NAFSU. justru nafsu yang menguasai diri kita, kehilangan akal sehat dan menguasai hati kita sehingga Menutup hati nurani Manusia.”

  4. Pertanyaan yang ke empat “Apa yang paling berat di dunua ini?”. Para murid menjawab “Besi”, “Baja” dan “Gajah”, Imam Gozali menjawab “semua jawaban itu hampir benar tetapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Kepercayaan). Alkisah tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung dan Malaikat semua itu tidak mampu ketika Allah SWT. meminta mereka untuk menjadi pemimpin dunia tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT. sehingga Banyak Manusia yang masuk Neraka karena Ia tidak mampu memegang Amanah (kepercayaan).”

  5. Untuk yang kelima “Apa yang paling ringan di dunia ini?” muridnya menjawab “kapas”, “angin”, “debu”, dan lain sebagainya, sang Imam Gozali menjawab “Semua itu hampir benar tapi yang paling ringan adalah MENINGGALKAN SHOLAT. Hanya karena urusan Dunia kita mudah meninggalkan Sholat.”

  6. Lantas pertanyaan yang ke enam “Apa yang paling tajam di dunia ini?” para muridnya menjawab dgn serentak “Pedaaaa….ng!”, “Benaaarr…” kata Imam Gozali sambil mengacungkan jempolnya “Tapi yang paling benar adalah LIDAH. Karena dgn lidah kita bisa mengadu orang lain dengan mudah, melalui lidah kita bisa melukai perasaan orang lain dgn mudah, dgn lidah kita bisa membunuh orang lain dengan perlahan-lahan, dgn lidah kita bisa memecah persaudaraan dan persahabatan dgn mudah, semudah membalikkan Telapak Tangan“.

Imam Gozali seorang sufi yang banyak memberikan pelajaran tentang bagaimana mengendalikan emosi dan penyakit hati,

Bukunya yg sgt terkenal adalah : Ihya U’lumidin….

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: